Rabu, 30 Oktober 2019

8 Tips Unpacking Saat Masuki Rumah Baru Tanpa Ribet Dan Bikin Pusing

8 Tips Unpacking Saat Masuki Rumah Baru Tanpa Ribet Dan Bikin Pusing

Usai lalui masa-masa sulit mengemas barang di rumah lama, berkoordinasi dengan penyedia jasa pindahan, hingga eksekusi saat hari H, bersiaplah untuk menghadapi tantangan terakhir sebelum bisa benar-benar menikmati hari di hunian baru Anda: unpacking! Tidak perlu risau, jika direncanakan dan diperhitungkan dengan baik, unpacking tidak akan terasa begitu ribet dan melelahkan. Berikut 8 tips unpacking yang dapat Anda ikuti untuk proses pindahan rumah yang lebih lancar!

1. Mulai dengan survival kit.
Pastikan survival kit yang telah dipersiapkan sebelumnya berada dalam jangkauan Anda. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, survival kit merupakan sekumpulan barang-barang yang mutlak Anda perlukan sehari-hari seperti peralatan makan, mandi, dan beberapa pakaian untuk beberapa hari pertama Anda memasuki rumah hunian baru. Letakkan survival kit ini di tempat yang nantinya akan menjadi kamar tidur Anda.

2. Letakkan masing-masing box pada ruangan yang dituju.
Meletakkan semua box yang perlu di-unpack  dalam satu ruangan hanya akan mengintimidasi Anda dan membuat Anda berpikir proses unpacking akan berjalan ribet dan melelahkan. Untuk mengatasinya, letakkan masing-masing box pada ruangan yang dituju. Inilah gunanya Anda harus terlebih dahulu memberi tanda atau menamai setiap box yang merefleksikan barang-barang apa yang ada di dalamnya.

3. Rancang dan ikuti rencana penempatan barang-barang di tiap ruangan.
Di setiap ruangan, rancang sebuah denah sederhana yang menunjukan ‘barang mana’ akan ‘diletakkan di mana’. Tips unpacking satu ini tidak akan terasa sulit dilakukan jika Anda memiliki daftar atau inventori akan barang yang Anda miliki dan pindahkan dari hunian lama ke yang baru. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki rancangan atau setidaknya perencanaan, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu hanya untuk tergesa-gesa serta berubah pikiran sampai segalanya sesuai dengan keinginan Anda.

4. Dahulukan dengan barang yang berukuran besar.
Barang yang berukuran lebih besar umumnya lebih mudah untuk ditata. Terlebih lagi, barang yang lebih besar seperti lemari dan rak umumnya bersifat mewadahi. Dengan begitu, akan lebih mudah pula bagi Anda untuk nantinya meletakkan barang-barang yang lebih kecil. Aksesoris kecil serta lukisan baiknya berada dalam urutan terakhir dan hitung sebagai langkah akhir yang bersifat menghibur setelah menata barang-barang berat sebelumnya.

5. Prioritaskan yang bersifat kebutuhan sehari-hari, baru kemudian dekorasi.
Proses unpacking memakan waktu lebih dari satu hari? Bukan masalah! Lebih baik Anda mengambil waktu lebih lama ketimbang tergesa-gesa namun meleset dari perhitungan dan ujung-ujungnya Anda harus merombak ulang keputusan Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk memprioritaskan barang yang bersifat kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu. Sebut saja lemari, meja rias, barang-barang di dapur beserta ruang makan. Esok harinya, Anda dapat melanjutkan proses unpacking dengan hal yang lebih ringan seperti aksesoris dan pernak-pernik dekorasi rumah.

6. Jauhkan box yang telah dikosongkan dari pandangan.
Tips unpacking satu ini akan membuat Anda semangat menyelesaikan rangkaian proses yang telah memakan waktu lama. Jika box-box kosong ini dibiarkan begitu saja, akan sulit bagi Anda untuk melihat progres dari upaya menata barang-barang di hunian baru.

7. Gunakan tenaga bantuan dari orang lain.
Proses unpacking memasuki rumah hunian baru bukan lah pekerjaan satu orang saja. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain atau anggota keluarga Anda. Untuk kamar pribadi, biarkan pemilik bertanggung jawab atas barang masing-masing. Untuk ruangan yang digunakan bersama, lakukan pula proses unpacking bersama-sama agar proses lebih terasa lebih ringan dan masing-masing tahu situasi serta inventori di ruangan yang baru.

8. Jangan tunda-tunda sampai pada akhirnya terabaikan terlalu lama.
Mengambil waktu hingga dua sampai tiga hari masih wajar. Namun Anda perlu berpikir dua kali untuk menunda menyelesaikannya lebih dari itu. Selain akan membuat hunian baru terlihat berantakan, resiko berdebu hingga kerusakan dari barang-barang yang diabaikan juga lebih besar. Alternatif tepat untuk permasalahan ini adalah dengan membuat jadwal unpacking yang harus Anda patuhi. Jadwal berserta checklist adalah tips unpacking yang ideal khususnya bagi Anda yang memang memiliki terlampau banyak barang yang dipindahkan dari rumah lama ke hunian baru Anda.


0 komentar:

Posting Komentar