Sabtu, 05 September 2015

Tips Bebas Stres Saat Pindah Rumah

Menurut survei, pindah rumah merupakan satu dari lima hal paling membuat stres yang pernah dialami kebanyakan orang. Tingkat stres saat pindah rumah bahkan mendekati stres ketika pasangan bercerai.

Sebanyak 17 persen orang yang pindah rumah mengaku kerap terbangun di tengah malam karena memikirkan biaya dan waktu yang harus mereka habiskan. Padahal, pindah rumah seharusnya tidak menjadi 'momok' menakutkan jika Anda bisa mengorganisirnya dengan baik.

Alison Cork, seorang ahli dalam pindahan rumah seperti dikutip dari Female First mengatakan, "Pindah rumah tidak harus membuat stres. Justru seharusnya jadi momen menyenangkan ketika Anda memasuki babak baru dalam hidup dan menambah teman baru. Ada banyak cara agar tidak stres saat pindah rumah. Mulai dari merencanakan dari jauh-jauh hari sampai meminta bantuan teman, keluarga dan saran dari ahli."

Bagaimana caranya pindah rumah tanpa mengalami stres dan pusing yang berlebihan? Alison pun memberikan beberapa tipsnya.

1. Siapkan dari Jauh-jauh Hari
Sebelum pindah rumah, pastikan Anda sudah melengkapi rumah baru dengan kebutuhan yang paling pokok. Misalnya instalasi listrik sudah terpasang, tidak bermasalah dengan sistem sanitasi, jaringan telepon yang sudah terhubung dan juga rumah yang sudah dibersihkan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, akan mengurangi tingkat stres dan urusan yang harus diselesaikan. Pastikan juga untuk memberitahu tetangga di rumah baru kapan Anda pindah. Jika beruntung, mereka bisa membantu Anda.

2. Sewa Mobil Box/Truk Besar
Jika Anda menyewa mobil untuk membawa barang-barang ke rumah baru, sebaiknya pilih yang berukuran besar seperti mobil box atau truk. Menggunakan truk kecil atau mobil van lebih repot karena harus berkali-kali bolak-balik jika perabotan rumah Anda terbilang banyak, sehingga memakan lebih banyak waktu dan melelahkan. Sewa mobil besar mungkin akan lebih mahal, tapi lebih baik dalam efisiensi waktu dan tenaga.

3. Siapkan Bekal Makanan
Pindah rumah pastinya akan menguras tenaga sehingga perut terasa lapar. Anda tentunya tidak punya banyak waktu untuk memasak di rumah baru setelah lelah memindahkan perabotan. Untuk itu, siapkan bekal sebelum pindahan. Bisa dengan memasak di pagi harinya atau membeli makanan siap saji. Beli makanan untuk keluarga, tukang jasa pengangkut juga orang-orang yang ikut membantu proses pindahan rumah.

4. Bersiap-siap di Hari 'H'
Siapkan satu kotak khusus yang akan Anda bawa sendiri selama pindahan. Isi kotak tersebut dengan barang-barang berukuran kecil namun penting, seperti obat P3K, termos air, teh celup, toiletries untuk menyegarkan tubuh, tisue dan handuk kecil. Kotak ini perlu untuk tetap segar, sehat dan nyaman saat proses pindah rumah.

0 komentar:

Posting Komentar